Tips Belajar Mobil di Semarang — Thalita Sewa Mobil Semarang

Tips Belajar Mobil di Semarang

tips belajar mobil di semarang

Tips Belajar Mobil di Semarang

Umumnya anak zaman sekarang merasakan berbagai banyak fasilitas yang memudahkan kebutuhannya. Contohnya saja adalah kebutuhan transportasi. Di daerah perkotaan terutama di Semarang, banyak orang tua yang mempunyai mobil ingin mengajarkan anaknya agar bisa menyetir. Nah, saya kasih tahu ya tips belajar mobil di Semarang.

tips belajar mobil di semarang

Kebanyakan pemula terutama anak yang berusia 18–30 tahun berusaha untuk belajar menyetir. Mereka ingin merasakan bagaimana rasanya menyetir mobil. Kemampuan menyetir mereka pun akan berguna jika suatu saat dibutuhkan untuk mengantar orang tua ke rumah sakit atau berwisata bersama keluarga. Selain itu, mereka yang masih berkuliah bisa jalan-jalan dengan temannya dengan mobil punya sendiri atau mobil rental. Untuk bisa menyetir dengan lincah dan bijaksana, kita memerlukan beberapa tips belajar mobil di Semarang dengan baik, benar, dan tepat. Yuk, kita simak tipsnya berikut ini:

Belajar dengan Ahli Mobil

tips belajar mobil di semarang

Jika anda adalah seorang pemula yang belum pernah sama sekali memegang mobil, anda perlu belajar dengan ahli mobil. Ahli mobil inilah yang akan mendampingi anda sepenuhnya ketika anda sedang menyetir. Ahli mobil ini bertanggungjawab sebagai guru anda sehingga anda akan mendapat pengalaman dan saran darinya agar anda tidak grogi dalam menyetir.

Selain itu, anda juga perlu menyetel tempat duduk anda yang sesuai agar nyaman. Posisi duduk yang nyaman akan membuat anda santai. Jika anda santai, anda akan dengan mudah menyerap ilmu dari ahli mobil. Anda akan lebih cepat menguasai mobil yang anda kendarai.

Kuasai Fitur Mobil

Hal yang paling pertama sangat perlu diperhatikan bagi pemula adalah kuasai dan kenali fitur mobil. Kenali dulu fitur mobilnya karena mobil sekarang ada yang tipe manual dan tipe automatic. Jika menggunakan mobil manual, kita harus belajar menghafal gear shifting untuk gas, handbrake, rem, dan memainkan feeling untuk melihat sekeliling. Kita harus mengerti kapan waktunya harus menancap gas dan kapan harus menambah/mengurangi gear dengan kopling. Juga kita perlu tahu kapan waktunya mengerem. Selain itu, kita juga perlu melihat ke depan, ke samping kanan/kiri, dan ke belakang dengan spion. Klakson, lampu, dan fitur lainnya perlu diperhatikan juga. Hal tersebut sangat penting untuk pengemudi yang baru belajar agar tidak membahayakan orang lain di sekitar.

Sedangkan untuk mobil automatic, pengemudi sangat terbantu. Pengemudi tinggal tancap gas dan gear diarahkan sesuai dengan buku panduan. Mobil automatic sangat memudahkan bagi pengemudi yang ingin belajar menyetir. Pengemudi pemula tinggal memainkan feelingnya kapan harus tancap gas dan rem. Selain itu, kemampuan untuk mengerti ukuran mobil di jalanan agar pas dan berjalan dengan baik juga sangat penting. Feeling pengemudi perlu diasah dengan terus-menerus belajar di jalanan. Pengemudi juga harus waspada pada dirinya, penumpang, dan orang lain di sekitar jalanan.

Pilih Tempat Latihan

Pilihlah tempat yang sesuai dengan kemampuan anda. Jika anda belum pernah mengemudi sama sekali, anda harus memilih tempat di daerah yang lapang. Untuk di daerah perkotaan seperti Semarang, ada baiknya anda latihan mengemudi di daerah pedesaan yang masih ada lapangan luas. Lapangan luas bertujuan untuk meminimalkan ketakutan anda. Jadi anda harus fokus dan berani untuk mengemudi. Setelah terbiasa di area lapangan, anda perlu mencoba menyetir di jalanan yang sepi dan datar untuk memainkan feeling anda. Anda perlu belajar memindahkan gigi, tancap gas dan kopling, tancap rem, dan lampu agar feeling anda dengan mobil menyatu. Jika feeling anda sudah menyatu dengan mobil, anda akan mudah menguasai caranya menyetir mobil dengan baik, benar, dan tepat. Anda akan menyetir sesuai dengan aturan dan tidak membahayakan orang lain.

Sering Menyetir Mobil

tips belajar mobil di semarang

Perbanyak ham terbang anda dalam mengemudi mobil. Semakin anda sering menggunakan mobil, feeling anda akan semakin tajam. Anda akan mahir memindahkan gear, mengatur gas/rem, dan melihat depan, kanan, kiri, dan belakang melalui spion. Anda akan terbiasa dengan ukuran mobil yang anda kendarai sehingga anda tahu ketepatan ukuran mobil anda. Anda juga dengan sendirinya mahir memarkirkan mobil anda. Tentu saja anda perlu berpindah-pindah tempat misalnya dari jalanan yang sepi di pedesaan menuju ke jalanan yang ramai di perkotaan.

Di Semarang, anda dapat mencoba berkendara di jalan arteri pelabuhan menuju ke simpang lima. Anda akan belajar meningkatkan pengaturan gas/rem, perpindahan gigi, dan memainkan feeling sisi depan-kanan-kiri dan belakang. Setelah sampai di simpang lima, anda dapat mencoba parkir mobil di masjid, pom bensin, restoran, mall atau toko buku di sekitar simpang lima.

Berdoa Setiap Menyetir

Tips terakhir adalah berdoa kepada Tuhan setiap kali akan mengemudi. Dengan berdoa yang baik, anda akan dilindungi Tuhan dan dihindarkan musibah dalam perjalanan anda. Doa juga dapat membuat anda menjadi semakin percaya diri. Poin paling penting dalam berdoa adalah niatkan agar anda selamat dari kecelakaan, selamat sampai tujuan, dan dapat bertemu dengan keluarga.

Semoga tips belajar mobil di atas bermanfaat untuk anda yang masih belajar menyetir mobil. Selalu utamakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Berdoalah yang terbaik sesuai dengan keyakinan anda agar selamat dari bahaya. Selamat belajar mobil dan terus semangat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami !
BIDTECHNO - Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website