Kebijakan Pajak Mobil Baru 0% — Thalita Rent Car

Kebijakan Pajak Mobil Baru 0%

5f16f51578bfa

Seperti diketahui, Kementerian Perindustrian telah mengusulkan agar relaksasi pajak pembelian mobil baru sebesar 0 persen sampai Desember 2020 atau pemangkasan pajak kendaraan bermotor (PKB). Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan mereka telah mengusulkan itu kepada Menteri Keuangan pada Senin (14/9/2020) lalu. Sampai pekan berikutnya, hari ini (21/9/2020), belum jelas apakah usul ini diterima atau tidak.¬† Usulan ini bertujuan untuk mendorong industri otomotif yang terpuruk akibat wabah Covid-19. Kementerian Keuangan sendiri telah menanggapi rencana ini dan mengatakan bahwa usulan itu sedang dikaji. Menkeu Sri Mulyani mengatakan “Kita masih kaji dan sepertinya insentif untuk program pemulihan ekonomi nasional sudah banyak,”.

Dengan pajak diturunkan, masyarakat beralih ke mobil baru karena harganya pun bisa turun mendekati harga mobil bekas. Faktanya penjualan mobil baru memang anjlok. Selasa 15 September lalu Gaikindo menyebut penjualan mobil pada April sebanyak 7.869 unit. Angkanya semakin turun sebulan kemudian, hanya 3.551 unit. Pada Juni, ketika wacana the new normal dikampanyekan dan kebijakan pelonggaran diterapkan, penjualan mobil sebenarnya mulai naik lagi menjadi 12.623 unit, lalu sebulan kemudian bahkan mencapai 25.283 unit. Pada Agustus, jumlahnya naik lagi mencapai 37.277 unit. Masalahnya, dibanding penjualan bulan yang sama di tahun sebelumnya, penjualan Agustus jauh tertinggal. Penjualan mobil Agustus 2019 mencapai 90.568 unit. Total, penjualan mobil selama delapan bulan pertama 2020 baru mencapai 323.492 unit, atau baru 31 persen dari pencapaian tahun lalu sebanyak satu juta.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengajukan kenaikan tarif pajak kendaraan bermotor, dengan dalih mengurangi laju pertumbuhan kendaraan bermotor di wilayah itu. Selain itu, usulan revisi perda tentang pajak kendaraan bermotor itu juga dilatarbelakangi karena tarif pajak di Provinsi Jateng dinilai paling kecil di antara provinsi lainnya di Pulau Jawa. Usulan kenaikan pajak kendaraan bermotor diikuti dengan perubahaan atau penurunan kapasitas mesin serta kenaikan tarif progresif kepemilikan kedua dan seterusnya.

Kami menyarankan kepada anda untuk tidak terlalu sering berpergian, namun jika anda sangat membutuhkan mode transportasi baik untuk mengunjungi hajatan saudara di luar kota, berwisata dengan keluarga anda dapat menggunakan layanan sewa mobil semarang kami. Dijamin bersih nyaman dan aman, harga terjangkau pelayanan 24 jam dan sopir kami sangat berpengalaman.

Hubungi Kami !
BIDTECHNO - Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website